Selasa, 12 April 2011

Karia Ilmiah MTs N Model Selong

By
Nikmatul Isna Kelas VIII A MTsN Model Selong

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang
Semua orang pasti sudah mengenal bawang merah .karna dalam setiap rumah pasti ada tetapi banyak masyarakat yang belum mengetahui manfaat dari bawang merah .mereka hanya menganggap bawang merah hanya bisa digunakan sebagai bumbu masak . Bawang merah termasuk jenis sayur- mayur marga zanbaqiyah,yaitu jenis sayuran yang berbau menyengat hidung yang disebabkan oleh sulfat (garam asam belerang ) yang merupakan materi kaporil yang bersifat tidak tetap.
Di Indonesia bawang merah sudah dikenal oleh masyarakat karna bawang merah selain digunakan sebagai bumbu masak juga digunakan sebagai bahan obat-obatan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Untuk menambah Hasanah pengetahuan tentang manfaat tumbuhan bawang merah , maka kami menulis karya ilmiah ini.

B. Rumusan Masalah
1. Zat apa yang terkandung dalam tumbuhan bawang merah?.
2. Penyakit apa saja yang bisa di sembuhkan oleh bawang merah?

C. Tujuan
Tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah :
1. Memberikan informasi tentang zat yang terkandung dalam bawang merah
2. Memberikan informasi tentang manfaat bawang merah dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit.

D. Manfaat
Penulisan karya ilmiah ini di harapkan dapat di manfaatkan sebagai :
Sumber informasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan, dan agar mengetahui manfaat dari tumbuhan bawang merah .

BAB II
KERANGKA TEORI

A. Gambaran Umum
Bawang merah (Allium cepa L ) sering pula di sebut berambang.Umbi lapis berwarna keungu-unguan itu berbau tajam .Tanaman semusim yang tidak berbatang itu daunnya hijau panjang ,berbentuk tabung yang ujungnya lancip .Baik umbi maupun daunnya sehari-hari di pakai untuk mengharumkan dan menyedapkan berbagai makanan .Namun bawang merah juga sering di pakai dalam berbagai ramuan obat tradisional .
Karena mengandung flavonglikosida ,ia dianggap anti radang ,pembunuh bakteri, sedangkan kandungan saponinya mengencerkan dahak . Ia juga memiliki sejumlah zat lain yang berkhasiat menurunkan panas menghangatkan, memudahkan pengeluaran angin dari perut , melancarkan pengeluaran air seni ,mencegah penggumpalan darah ,menurunkan kolesterol ,dan kadar gula dalam darah .menurut penelitian terakhir ,bawang merah juga bisa mencegah kanker karena kandungan sulfurnya .

B. Taksonomi Bawang Merah
Di tinjau dari klasifikasinya bawang merah termasuk tumbuhan monokotil . Menurut Bagod Sujadi (2004 ) Taksonomi tumbuhan bawang merah adalah sebagai berikut :
King dom : Plantae
Divisi : Spermatophyta
Subdivis : Angiospermae
Klas : Monokotil
Ordo : Liliales
Famili : Liliaceae
Genus : Allium
Spesies : Allium cepa


BAB III
METODE PENELITIAN

A. Definisi Operasional
Tanaman bawang merah adalah sejenis tanaman monokotil yang biasa di gunakan sebagai bumbu masak dan obat – obatan .Manfaat adalah kegunaan dari bawang merah itu sendiri .

B. Pengumpulan Data
Pengumpulan data dalam penulisan karya ilmiyah ini melalui kajian dari berbagai buku yang ada di perpustakaan.




















BAB IV
PEMBAHASAN

A. Sejarah Penemuan manfaat bawang merah
Menurut sejarah sudah sejak lama bawang merah di gunakan sebagai bahan obat-obatan. Ibnu Al Baithar mengatakan,bahwa bawang merah dapat membangkitkan nafsu makan ,juga meringankan rasa haus ,dan dapat melunakkan perut .Dan apabila bawang merah ini dimasak ,maka dapat memperlancar air seni . Sedangkan bila dimakan setelah direbus , maka akan menambah daya ingatan .
Mengenai bawang merah ini orang Yunani berkata :Bawang merah dapat membuka penyumbatan-penyumbatan pada tubuh. Juga dapat menguatkan syahwat ,lebih –lebih kalau di masak dengan daging ,maka akan menghilangkan penyakit kuning ,memperlancar air seni ,menstruasi ,dan meredakan sakit perut .Dalam sebuah majalah berbahasa Prancis,Dokter George La Kuviski telah banyak menyuntik pasiennya dengan air bawang merah dalam mengobati beberapa penyakit ,terutama penyakit kanker .Ternyata ia sukses dengan gemilang.
Sudah menjadi ketetapan ilmiah ,bahwa dalam bawang merah terdapat zat-zat yang dapat melawan kuman – kuman yang lebih kuat di banding pinicilin, zalf-zalf.Karenanya ia dapat menyembuhkan penyakit TBC,sipilis,dan kencing nanah serta sering membunuh kuman – kuman yang mengkhawatirkan. (Drs.M.Ali Hasan./2002 )

B. Penyakit yang dapat di sembuhkan dengan bawang merah
Beberapa penyakit yang dapat di sembuhkan oleh bawang merah di antaranya : penyakit asma, radang paru-paru, prostat, kulit buang air seni, sesak dada, penyakit jiwa, kanker, rheumatik, luka akibat tergigit dan tertumbuk, mengembalikan tulang retak dan menghilangkan rasa sakitnya, bisul yang membusuk/cacar, bisul dan cara menghindari, kutil, kanker kulit, cacar, kencing batu dan sakit ginjal, sakit kepala, awet muda, mengatasi keriput, kencing manis, lain-lain


C. Cara pengobatan penyakit dengan bawang merah
1. Penyakit asma
Madu dicampur perasan bawang merah di minum tiap pagi dan sore secara rutin selama 1 bulan.resep ini sangat berfaidah untuk menghilangkan asma ,dan sangat mujarab .
2. Radang paru-paru
Setiap hari sebelum tidur letakkanlah kain yang di tapali bawang merah yang sudah dipanaskan di atas dada dan punggung .setelah itu di balut dengan kain .insyaallah akan mendapatkan hasil yang menakjubkan .
3. Prostat
Bawang merah yang sudah di potong-potong di rendam ke dalam perasan buah apel selama 3 hari ,kemudian di minum secangkir setiap hari selama 10 hari .
4. Sulit buang air seni
Bawang merah yang sudah di kupas di potong-potong dan di panaskan , letakkan di atas lambung kanan dan lambung kiri dan di atas buah pelir .Kemudian di balut dengan kain pengompres di sertai minum perasan bawang merah ,jeruk , dan madu yang di tuangkan dalam air hangat .Lakukan sekali atau 2 kali,maka dengan izin Allah kesulitan akan hilang .
5. Sesak dada
Gosokkanlah dada dengan minyak bawang merah serta minumlah perasan sejenis rumput ambon 1000 daun yang dilakukan seperti teh, yaitu perasan tadi diambil satu sendok lalu di masukkan kedalam pendingin air panas dan di tutup selama 5 menit,kemudian di saring .Setelah bening barulah perasan tadi di minum .
6. Penyakit jiwa
Bawang merah di rebus beserta kulitnya lalu di makan oleh para penderita .hal ini sangat berkhasiat untuk menyembuhkan mereka atau dengan cara lain yaitu air perasan bawang merah dan air perasan sayur ”khas” serta sesendok madu di tumbuk lalu di minum dengan es .Inipun kalau Allah memberi izin sangat baik sekali manfaatnya.
7. Kanker
Setelah bawang merah di keringkan lalu ambillah kulitnya .kemudian di tumbuk di campur dengan kulit pohon ”baluth” .Setelah itu di campur ke dalam madu .lakukan hal ini setiap habis makan .caranya adalah mengambil sesendok ramuan tersebut di campur dengan kult lobak setiap hari,setelah itu hisaplah asap bawang merah selama 1 bulan berturut-turut sebelum tidur.
8. Rheumatik
Tempat yang sakit sebelum tidur di gosok –gosok dengan asap minyak zaitun caranya adalah memotong-motong bawang merah ke dalam bejana berisi air kemudian di rebus.Letakkanlah bagian yang sakit itu di atas bejana yang jaraknya tidak terlalu dekat,agar asapnya dapat sampai.Akan lebih sempurna bila di tambah menggosoknya dengan minyak zaitun .pada pagi harinya ambillah 1 sendok kecil tumbuh–tumbuhan ”sha’tar” yang sudah di haluskan dan di campur ke dalam secangkir madu selama 1 minggu .
9. Luka akibat tergigit dan tertumbuk
Air perasan bawang merah di campur dengan minyak kapur dalam ukuran yang sama .Kemudian di oleskan pada bagian yang sakit setiap pagi dan sore .Usahakan anggota tubuh yang terluka agar jangan terlalu banyak bergerak dan jangan di bebani.
10. Mengembalikan tulang yang retak dan mengurangi rasa sakitnya
Minuman yang terbuat dari bawang merah yang di masak dengan sungsum, terutema sungsum onta .Kalau tidak ada dapat dengan sungsum sapi .Kemudian di minum sebagai mana kuah dalam makanan sehari-hari .setelah perban dilepas perbanyaklah makan bawang merah .Resep ini akan menguatkan urat syaraf dan membantu mengembalikan (merapatkan ) anggota yang pecah dengan cepat .
11. Bisul yang membusuk atau cacar
Cukup diambilkan kira-kira secangkir air perasan bawang merah di campur dengan jenis tumbuh-tumbuhan “qarash” yang di peras daunnya kira-kira 1 sendok kemudian di beri minuman keras sehingga menjadi semacam zalf.lalu dioleskan pada bagian yamg sakit setiap hari disertai memperbanyak minum qarash dan bawang merah yang masing – masing kira-kira satu sendok kecildan di campurkan .selanjutnya di susul dengan meminum susu yang di maniskan dengan madu .
12. Bisul dan cara menghindarinya
Bawang merah dipotong kecil-kecil kemudian di panaskan ke dalam minyak zaitun ,tetapi jangan sampai berwarna kuning kemudian di oleskan seperti salep lalu di balut setiap hari di ganti dengan di bersihkan hingga nanh yang keluar itu mereda .pakailah resep tadi tanpa diberi jintan agar sembuh sempurna.
13. Kutil
Cukup diambilkan irisan bawang merah di campur ke dalam cuka ”markaz”.lalu diletakkan pada kutil . kemudian di biarkan 1 atau 2 hari ,setelah itu lepaslah . seandainya kutil itu belum tercabut ,maka ulangi lagi seperti cara-cara tersebut.
14. Kanker kulit
Untuk menyembuhkannya adalah dengan menggunakan perasan bawang merah ,susu bubuk ,dan kaporit kuning kurang lebih ¼ sendok obat (kecil) yang di buat zalf yang di oleskan pada bagian yang sakit setiap hari . kemudian setelah mandi sore olesilah cara-cara tersebut selama i minggu.
15. Cacar
Letakkanlah kain pengompres yang ditapali bawang merah kupasan dan ”sanqiyon” (tumbuh-tumbuhan ini banyak terdapat di pinggir jalan dan sungai).Setelah dicampur rata ,lalu dibalutkan setiap pagi hari selama seminggu .Resep ini sangat manjur sekali faidahnya.
16. Kencing batu dan sakit ginjal
Ambillah satu biji bawang merah tanpa di kupas ,lalu di campur 1 piring kecil biji kurma yang telah di panggang seperti susu lalu di campur rata.setiap hari makanlah satu biji (cukup satu kali).Lakukanlah selama seminggu. Hal ini akan menghilangkan sakit ginjal serta mencegah dan mengeluarkan kerikil besrta garam- garaman .
17. Sakit kepala
Kulit bawang merah dan tepung cengkeh direbus,lalu dijadikan ramuan dengan minyak zaitun .Biarkan sampai dingin ,lalu di jernihkan dan diambil minyaknya.setelah itu ambillah dan gosokkan pada tempat yang sakit serta maminum satu sendok darinya .Teruskanlah walau sakit kepala sudah reda agar tidak kambuh lagi .pengobatan ini juga dapat menguatkan urat syaraf.
18. Awet muda
Satu biji bawang merah di rebus dan di tumbuk lalu di buat adonan dengan tepung kandum dan sebutir telur serta sesendok minyak wijen (biji-bijian).Setelah jadi, oleskan adonan tersebut pada wajah .Disamping itu perbanyaklah makan bawang merah untuk membersihkan darah dan perut.
19. Mengatasi kekeriputan
Mula-mula usaplah bagian yang kerut (kekeriputan) dengan sesuatu yang di beri cuka sedikit saja .kemudian oleskan krim yang terbuat dari air perasan bawang merah dan tumbuhan ”sha’tar” darat .ulangi setiap hari,namun jagalah panca indra –panca indra yang halus (jangan sampai terkena )disertai memperbanyak makan buah-buahan,sayur mayur segar ,suji,(ragi) roti ,dan madu.
20. Kencing manis
Satu biji bawang merah di makan setiap hari akan dapat menyembuhkan kencing manis .akan lebih baik lagi bila setelah itu makan kulit kubis telur.hal ini akan benar-benar menyembuhkan kencing manis dengan sempurna atas izin Allah.
Adapun didalam buku ”TANAMAN OBAT KELUARGA” yang di terbitkan oleh PT INTISARI tahun 1998,menyebutkan bahwa bawang merah dapat di gunakan untuk mengobati :
1. Disentri
Tiga bawang merah dikupas, ½ cangkir daun patikan Cina,dan 5 cm pulasari .semua dicuci , diirisditaruh di mangkuk lalu di kukus kira-kira 1 jam .Disaring dengan kain bersama cairan yang terkumpul dimangkuk.Takaran itu untuk 2 kali minum .Ulangi sampai sembuh.
2. Hipertensi
Tiga bawang merah ,dikupas,dicuci,ditelan utuh atau diiris kasar dulu baru di makan .
3. Diabetes
Tiga bawang merah ,sepuluh buncis ,sepuluh salam dicuci,diiris,direbus dengan ½ gelas air .Saring dan airnya diminum satu kali sehari .periksakan gula darah dua minggu kemudian .
4. Mastitis
Lima bawang merah di kupas ,dicuci dengan air hangat,diparut ,di tempelkan ke payudara ,tetapi jangan kena putingnya .
5. Kutu air
Tiga bawang merah dikupas ,dicuci,diparut.Campur dengan satu sendok makan minyak kelapa ,lalu didihkan.hangat-hangat oleskan ke sela-sela jari yang gatal.kaki hendaknya di cuci dulu dengan air hangat dan di keringkan.hindarilah tempat becek dan kaki basah


BAB V
PENUTUP

A. Kesimpulan
Tanaman bawang merah merupakan tanaman yang telah dikenal banyak orang. Tanaman ini memiliki manfaat sebagai bumbu dapur dan sebagai bahan obat-obatan dalam dunia kesehatan. Banyak macam penyakit yang dapat disembuhkan dengan baang merah, dari penyakit ringan sampai penyakit berat seperti kanker

B. Saran
Diharapkan karya tulis ini dapat dilanjutkan dan dikembangkan ke tahap yang lebih baik dan sempurna hingga bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar