Selasa, 12 April 2011


Learning by doing
pembelajaran dengan mengalami
Oleh Lalu afifudin
dalam pembelajaran bahasa inggris didominasi pembelajaran tentang text , didalam membelajarkan text ada beberapa strategi pembelajaran yang dapat dipergunakan dengan memperhatikan kebutuhan siswa dalam belajar, Sifat dasar siswa MTs yang rata rata berusia 12 -15 tahun masih didominasi oleh "bermain"( Having fun) . Bagi seorang guru terkadang sifat ini dianggap menjadi salah satu penghambat dalam pembelajaran, Namun apabila dicermati lebih rinci keinginan "bermain" siswa dapat dikonversi menjadi keterampilan siswa belajar. dalam pembelajaran text guru bahasa inggris cenderung memberikan teori tentang penyusunan text , kemudian meminta siswa langsung menyusun teks, beberapa siswa mengalami kesulitan karena teori yang membingungkan .Namun apabila siswa diajak untuk ikut mengalami sendiri dalam belajar akan lebih membangkitkan minat dan motivasi dalam belajar: berikut metode pembelajaran text procedure dengan menggunakan bahan bahan bekas disekitar madrasah untuk meningkatkan kemampuan speaking:
Text Procedure
Focus on speaking and listening ability
Theme : Environment
How to make photoframe card
material :
Cardboard, paper, string, etc. Photo
Glue
Paint
double Sticky tape
Ruler
Steps:
1.Find a photo.
2.Measure up frames.
3.Cut out the first frame
4.Cut out the second frame so that the first frame can fit on top without slipping through.
5.Make the third frame with the same overlap.
6.Paint the frame in different ways.
7.Attach a stand or handle
Pada proses belajar mengajar berlangsung siswa dikelompokkan dalam kelompok yang terdiri dari 1 orang siswa sebagai pemberi perintah ,2 orang siswa sebagai pelaksana ,1 siswa sebagai pengamat dan menuliskan hasil. dalam melaksanakan kegiatan guru memberikan kesempatan siswa lain secara brgiliran sebagai pemberi perintah agara dapat menilai kemampuan siswa dalam berbicara Guru memberikan lembar kerja seperti tertera diatas. Guru berperan sebagai motivator dan membantu kelompok yang mengalami kesulitan , namun perlu diperhatikan agar guru tidak terlalu banyak mengambil peranan dalam kegiatan siswa, fokuskan kegiatan guru untuk menilai kinerja masing masing siswa.
theme : science
Text : Procedure
Skill : Writing and reading
Suspensepful egg
THE SUSPENSEFUL EGG
Can you imagine something that doesn’t float or sink when you put in a liquid?
You will need:
a large glass / or a glass jar
an egg, a marble , a piece of plastic
a bottle of water, a teaspoon ,4 spoons of salt
What to do in this experiment:
First, half fill a glass with freshwater.
Second, put a marble into glass , what happens ? Second , put plastic into glass ,what happens ? after that ,put a raw egg into the jar. Write on your book what happens to the egg.
Third, take out the egg. Fourth, add 1 teaspoons of salt to the water. Mix well.
Then, take the same,marble,plastic and egg and put it in the jar. Watch them !. What happens? Write it on your book.
Next, repeat step two, three, and four or five times. What happens? Take note for every step you do.
What happens
Read
Eht gge staolf ni retawtlas esuaceb fo ytisned. Eht retawtlas sah retaerg ytisned naht eht gge, os eht gge stoalf. Nehw ouy tup eht gge ni hserf retaw, ti sknis esuaceb eht gge sah retaerg ytisned naht hserf retaw. Os ti sknis. Ro eth retaw sah ssel ytisned naht eht gge

After you have finished the experiment answer question bellow
1. What is happen when the marble put into fresh water ?
2. What is happen when the plastic put into fresh water ?
3. What is happen when the raw egg put into fresh water ?
4. What is happen when marble and plastic put into salt water
5. What is happen when raw egg put salt into water ?
6. Why when marble put into salt water ,it is zink ,while raw egg become float ?
Guru diharafkan lebih focus sebagai fasilitator seperti pembelajaran text diatas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar